Apa Itu Telemarketing? Masihkah Bermanfaat Untuk Kegiatan Bisnis

Dunia marketing sangatlah luas terlebih lagi di dunia digital dan online. Dari luasnya dunia marketing saat ini, terdapat satu bidang jasa marketing digital saat ini yaitu Telemarketing. Apa itu telemarketing? Bidang yang satu ini merupakan salah satu bidang pemasaran masa kini yang memanfaatkan kemudahan melakukan panggilan atau telepong dengan sejumlah tujuan. Pada intinya, tujuan dari melakukan panggilan dari pihak perusahaan kepada konsumen atau calon konsumen adalah mendapatkan engagement dan tujuan akhirnya mengkonversi mereka yang tadinya potensial menjadi pembeli produk yang dijual atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Proses melakukan promosi dan menawarkan dengan cara menelepon ini memang terbukti ampuh lantaran akan membuat orang yang ditarget menjadi bisa didekati secara personal. Dengan begitu, berbagai hal terkait informasi produk dan penawaran akan lebih mudah dan pasti sampai kepada siapapun yang ditargetkan.

Kegiatan Bisnis

Untuk Anda yang ingin menggunakan cara telemarketing sebagai salah satu upaya pemasaran, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Yang paling utama adalah penguasaan product knowledge. Siapapun orang yang melakukan telemarketing haruslah paham seperti produk jasa atau barang yang dijual dan tahu persis apa manfaat yang ditawarkan kepada konsumen. Yang kedua, semua pembicaraan baik dalam hal pengenalan produk atau penawaran produk haruslah bersikap wajar dan sopan. Kegiatan menelepon konsumen atau target bisnis sejatinya sudah mengganggu aktivitas mereka walau hanya dalam hitungan detik atau menit.

Maka dari itu, penting sekali menjaga kesopanan dan batas wajar agar tidak membuat mereka kesal dan bahkan menjadi membenci perusahaan dan produk Anda. Satu hal yang penting dalam melakukan komunikasi via telepon ini adalah tidak memaksa konsumen. Yang ketiga, komunikasi yang dilakukan haruslah efektif dan efisien. Mereka yang dihubungi oleh pihak perushaaan Anda bisa jadi telah kehilangan waktu dalam kesibukannya sehingga jika harus menerima telepon yang terlalu bertele-tele atau tidak jelas apa inti pembicarannya maka kegiatan telemarketing Anda sudah sangat mengganggu mereka. Selain itu, riset pasar dan riset calon konsumen yang akan ditelepon pun juga harus dilakukan agar tetap sasaran. Dan semua hal tersebut haruslah dilakukan oleh profesional yang sangat menguasai teknik komunikasi yang baik, kecerdasaan dalam mengenal produk dan melakukan pembicaraan, serta memiliki kontrol suara dan emosi yang baik.

Jika bisa berhasil memanfaatkan kegiatan telemarketing ini, maka Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Yang pertama, Anda bisa mendapatkan konsumen baru. Siapapun orang yang telah ditargetkan oleh Anda bisa dikonversi menjadi konsumen atau pengguna produk yang Anda tawarkan. Telemarketing juga berfungsi untuk membuat konsumen biasa menjadi konsumen loyal setelah diberikan perhatian dan dijalin komunikasi yang baik antara perusahaan dengan mereka. Dan juga, secara tidak langsung termasuk langkah memberikan citra yang baik sehingga perusahaan Anda bernilai di mata masyarakat luas.