Jenis Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis

Jenis Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis – Dalam beberapa tahun terakhir, perangkat digital dan media sosial telah mengubah bidang pemasaran. Bisnis tidak lagi hanya mengandalkan iklan radio, billboard, dan iklan cetak, tetapi menjangkau audiens mereka secara online melalui konten, email, media sosial, dan jenis pemasaran digital lainnya.

Jenis Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis

workwithus – Bagaimana pemilik bisnis dapat memanfaatkan manfaat pemasaran digital jika mereka bukan ahli pemasaran digital? Bagaimana mereka dapat mengetahui saluran pemasaran mana yang paling baik untuk mempromosikan produk atau layanan mereka?

Pada saat lebih banyak pelanggan mencari untuk berbelanja online, taktik pemasaran digital telah menjadi aspek integral dari bisnis. Mari kita lihat delapan jenis pemasaran digital yang dapat membantu pemilik bisnis mempromosikan produk dan layanan mereka di era digital ini.

Email Pemasaran

Pemasaran email adalah salah satu jenis pemasaran digital termudah dan paling efektif, karena secara konsisten menjangkau audiens pelanggan tetap dan pembeli potensial. Banyak bisnis mengirim email setiap hari ke kontak mereka, dengan lebih dari 100 miliar email dikirim dan diterima di seluruh dunia setiap hari.

Keuntungan Pemasaran Email

  • Pemasaran email memungkinkan bisnis untuk secara teratur memperbarui klien tentang produk dan promosi baru. Ini juga memungkinkan pelanggan untuk mengetahui kapan sebuah perusahaan menawarkan kupon atau mengadakan penjualan.
  • Email bisa terasa lebih pribadi daripada jenis pemasaran digital lainnya. Pelanggan menghargai pembaruan rutin yang dikirim ke kotak masuk mereka daripada menemukan iklan.
  • Email dapat terasa seperti keseimbangan yang baik bagi pelanggan, karena panggilan telepon dan pesan teks sering kali terasa terlalu mengganggu.
  • Mereka yang memilih berlangganan email cenderung menjadi pengunjung aktif ke situs web dan pelanggan tetap produknya.
  • Ketika pelanggan menjadi pembeli tetap, mereka dapat dikelompokkan ke dalam kategori dengan pembeli lain yang memiliki minat yang sama, sehingga pesan email dapat disesuaikan untuk setiap segmen pembeli.

Baca Juga: Bauran Online Marketing 7 P’s

Alat untuk Pemasaran Email

  • Toko ritel dapat meminta pelanggan di dalam toko untuk memberikan alamat email mereka untuk menerima tanda terima digital, dan kemudian menambahkannya ke daftar langganan.
  • Ketika individu berbelanja online, kupon atau promosi dapat ditawarkan sebagai ganti alamat email. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk memberikan insentif bagi pelanggan yang enggan.
  • Beberapa toko mengharuskan pelanggan untuk membuat akun, dengan informasi kontak mereka, sebelum menyelesaikan pembelian.

Berikut adalah beberapa alat pemasaran email paling populer:

  • KirimInBlue
  • Kontak konstan
  • Simpanse Surat
  • Juru kampanye

Tantangan Pemasaran Email

Salah satu kelemahan dari jenis pemasaran digital ini adalah proses spesifik untuk membuat individu memilih berlangganan email.

Pelanggan tatap muka dapat mengabaikan kuitansi digital demi kuitansi kertas.

Pelanggan mungkin enggan memberikan alamat email mereka kepada bisnis jika mereka khawatir menerima email yang tidak perlu dalam jumlah berlebihan.

Potensi Masa Depan Pemasaran Email

Email adalah salah satu bentuk pemasaran digital paling awal dan masih menjadi salah satu yang paling efektif. Pemasaran email tidak mahal dan menawarkan pengembalian investasi (ROI) yang tinggi. ROI pemasaran email rata-rata adalah $44 untuk setiap dolar yang dikeluarkan perusahaan, menurut Lyfe Marketing . Pemasaran email diprediksi akan tumbuh dan terus memberikan manfaat lebih lanjut bagi bisnis.

Pemasaran Optimasi Mesin Pencari

Pemasaran optimasi mesin pencari (SEO) adalah salah satu jenis pemasaran digital yang paling penting dan efektif untuk mempromosikan produk atau bisnis. SEO adalah proses mengoptimalkan situs dan kontennya untuk membangun visibilitas yang lebih tinggi dalam hasil mesin pencari, menurut Search Engine Journal.

SEO sangat penting karena banyak konsumen berbelanja online, menggunakan mesin pencari seperti Google. Ketika mereka mengetikkan kata kunci atau frase tertentu, mesin pencari menghasilkan hasil berdasarkan kata kunci atau frase tertentu. Menurut Backlinko , hasil pencarian Google teratas memiliki rasio klik-tayang 31,7%.
Kelebihan SEO

Ada beberapa keuntungan menggunakan SEO untuk bisnis. Berikut ini adalah yang paling penting:

  • SEO mengoptimalkan visibilitas dengan hasil pencarian organik yang tidak berbayar.
  • SEO mengarahkan lalu lintas ke situs yang relevan dengan kata kunci tertentu.
  • SEO berubah sesuai dengan perubahan tuntutan pelanggan.
  • SEO membantu membangun dan memelihara pelanggan online.

Alat untuk SEO

SEO bergantung pada kata kunci dalam artikel atau situs web perusahaan yang selaras dengan apa yang diketik konsumen di mesin pencari. Bisnis sering mempekerjakan pakar SEO untuk membantu mereka membangun lalu lintas yang lebih tinggi dan menjangkau audiens yang lebih luas. Buffer menawarkan daftar alat SEO gratis untuk membantu meningkatkan pemasaran, termasuk:

  • Wawasan Google PageSpeed
  • Skor Daftar Lokal Moz
  • Keywordtool.io
  • Google Analytics
  • Alat Google Search Console dan Bing Webmaster
  • Simulator SERP

Tantangan SEO

Salah satu kelemahan potensial dari mengandalkan pemasaran SEO adalah bahwa algoritme pencarian dapat berubah menjadi faktor dalam elemen situs yang berbeda, seperti:

  • Desain
  • Peringkat kata kunci
  • Membangun tautan
  • Otoritas domain

Meskipun hal ini dapat menguntungkan bisnis yang lebih besar, ini dapat menjadi kelemahan bagi perusahaan kecil yang tidak memiliki anggaran untuk terus memperbarui situs web mereka.

Potensi Masa Depan SEO

SEO dapat menguntungkan bisnis dan pelanggan karena menarik pengguna berdasarkan apa yang sudah mereka cari. Dengan munculnya pencarian suara dan kecerdasan buatan (AI), pemasaran SEO berpotensi membantu bisnis menjangkau lebih banyak pengguna internet dan membangun pelanggan yang lebih konsisten. Ini diproyeksikan akan terus tumbuh dalam pentingnya di tahun-tahun mendatang, menurut Search Engine Land .

Influencer dan Pemasaran Media Sosial

Sekitar 3,8 miliar orang menggunakan media sosial pada tahun 2020 — meningkat 9% dari 2019, menurut Smart Insights . Mengingat ukuran dan pertumbuhan audiens itu, tidak mengherankan jika pemasaran media sosial, ditambah dengan penggunaan influencer, telah menjadi salah satu jenis pemasaran digital yang tumbuh paling cepat. Saluran sosial menjadi lebih menonjol dalam beberapa tahun terakhir karena lebih banyak bisnis dan merek membayar agar produk atau layanan mereka diiklankan di platform media sosial.

Pemasaran influencer media sosial terdiri dari penempatan produk oleh orang, perusahaan, atau organisasi yang memiliki kredibilitas atau terkenal, terutama di Instagram dan Snapchat. Meskipun endorsement bukanlah strategi pemasaran baru, influencer media sosial bukan hanya selebritas biasa.

Perusahaan telah memperhatikan bahwa individu menanggapi produk ketika mereka dipromosikan oleh rekan-rekan mereka atau orang yang mereka kagumi. Seringkali, merek dan bisnis menawarkan kepribadian dengan pengikut online besar yang didiskon atau produk gratis dengan imbalan memposting gambar dengan produk dan menggunakan tagar tertentu untuk melibatkan pemirsa.

Keuntungan Pemasaran Media Sosial

  • Karena begitu banyak orang adalah pengguna media sosial yang aktif, pemasaran media sosial dapat menjangkau khalayak yang luas.
  • Penempatan produk saling menguntungkan, karena influencer media sosial menerima bayaran atau produk, dan bisnis mendapatkan eksposur.
  • Bisnis dapat langsung terlibat dengan pengguna media sosial melalui pesan langsung.
  • Pelanggan dapat langsung mengajukan pertanyaan kepada pengelola media sosial tentang produk, promosi, dan penjualan.

Alat untuk Pemasaran Media Sosial

Merek besar dan bisnis kecil sama-sama dapat menggunakan alat serupa dalam pemasaran media sosial.

  • Sangat penting untuk memposting secara teratur, baik harian, mingguan, atau dua mingguan, untuk mempertahankan kehadiran online yang konsisten.
  • Penting untuk menentukan cara paling efektif bagi mereka untuk memasarkan produk mereka: cukup memposting, membayar iklan, atau membayar influencer.
  • Manajer media sosial dapat mengatur waktu posting agar sesuai dengan promosi online dan di dalam toko.
  • Bisnis dapat menggunakan perpesanan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan saat ini atau calon pelanggan.

Tantangan Pemasaran Media Sosial

  • Algoritme platform media sosial dapat mempersulit pengguna media sosial untuk melihat postingan atau iklan tertentu.
  • Perputaran konten sosial yang terus-menerus dapat mempersulit pengguna media sosial untuk menemukan posting lama yang awalnya menarik minat mereka.
  • Beberapa pengguna media sosial mungkin tidak mengagumi selebritas atau organisasi yang mempromosikan suatu produk, dan mungkin terpengaruh secara negatif untuk menghindarinya.

Potensi Masa Depan Pemasaran Media Sosial

Sementara tren berubah, tren media sosial tumbuh dan menunjukkan lebih banyak potensi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, platform media sosial memperoleh 9% lebih banyak pengguna dari tahun 2019. Smart Insights memperkirakan bahwa pertumbuhan akan terus berlanjut.

Pemasaran Konten

Pemasaran konten terdiri dari penggunaan komunikasi visual dan tertulis, dari posting blog hingga meme dan video, untuk mempromosikan bisnis, merek, atau produk. Konten dapat berupa apa saja yang diposting secara online, dari platform media sosial hingga situs web bisnis.

Aspek terpenting dari pemasaran konten adalah memahami audiens target. Untuk membuat konten dengan paling efektif, penting untuk mengetahui apa yang ingin dibeli oleh calon pelanggan.

Keuntungan Pemasaran Konten

Pemasaran konten penting karena memengaruhi semua jenis pemasaran digital lainnya, mulai dari SEO hingga posting media sosial dan email. Apa pun yang dibaca pelanggan saat ini atau calon pelanggan dianggap sebagai konten, dan konten harus menarik dan memikat. Pemasaran konten:

  • Melibatkan penonton
  • Menarik klien dengan mengantisipasi keinginan mereka
  • Membantu menjaga hubungan dengan pelanggan melalui komunikasi yang konsisten
  • Mempromosikan produk
  • Menginformasikan pelanggan tentang penjualan, kupon, dan produk baru

Alat Pemasaran Konten

Sementara berbagai jenis pemasaran memiliki platform spesifiknya sendiri, pemasaran konten merupakan aspek integral dari semua platform. Ini dapat mencakup:

  • Postingan Instagram, iklan, dan promosi
  • Postingan Facebook, iklan, dan promosi
  • Tweet
  • Video dan iklan YouTube
  • video vimeo
  • Postingan blog
  • Situs web
  • Ledakan email
  • Teks SMS atau pesan instan
  • Daftar putar Spotify

Tantangan Pemasaran Konten

Karena pemasaran konten adalah aspek penting dari pemasaran digital, itu bisa menjadi kerugian besar bagi perusahaan jika tim pemasaran konten tidak terbiasa dengan SEO atau tidak membuat strategi untuk posting media sosial.
Kelemahan lain dapat terjadi jika tim pemasaran konten tidak menghasilkan konten yang konsisten dan efektif.

Potensi Masa Depan Pemasaran Konten

Pemasaran konten terdiri dari kata-kata dan gambar yang mempromosikan bisnis atau produk, dan telah ada sejak orang pertama menjual produk pertama. Selama bisnis ada, pemasaran konten akan ada.

Meskipun platform dapat terus berkembang dan berubah, bisnis akan selalu mengandalkan konten yang informatif dan efektif untuk mempromosikan produk mereka. Masa depan akan fokus pada konten yang disesuaikan, percakapan, dan tepat waktu, menurut Content Marketing Institute .