Saluran Penjualan Online Serta Cara Memilih Bisnis Ritel Yang Tepat

Saluran Penjualan Online Serta Cara Memilih Bisnis Ritel Yang Tepat  – Jika Anda telah menjual produk melalui toko ritel untuk waktu yang lama, Anda mungkin pernah mendengar pakar penjualan dan pemasaran merekomendasikan diversifikasi strategi penjualan Anda dengan pendekatan multisaluran. Istilah ini — “strategi penjualan multisaluran” — hanya mengacu pada penjualan produk Anda di tempat lain selain etalase bata-dan-mortir atau situs web e-niaga. Saat Anda menjual di beberapa saluran — online, offline, dan di mana pun di antaranya — Anda menawarkan beberapa titik kontak bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan merek Anda. Selain memiliki toko fisik dan e-niaga Anda sendiri, ada beberapa jenis pasar dan platform online tempat Anda dapat menjual produk Anda kepada orang-orang yang mungkin tidak akan menemukan Anda.

Saluran Penjualan Online Serta Cara Memilih Bisnis Ritel Yang Tepat

Workwithus – Tetapi tidak setiap saluran cocok untuk setiap bisnis; misalnya, untuk memberikan pengalaman pelanggan yang efisien, banyak dari pasar ini akan memprioritaskan merek mereka sendiri daripada merek Anda. Itu bisa sulit jika strategi Anda bergantung pada memiliki merek yang dapat dikenali. Dan banyak saluran penjualan online membebankan biaya untuk daftar produk dan/atau komisi penjualan. Tetapi manfaat menampilkan produk Anda di situs web ini tentu saja dapat lebih besar daripada kerugiannya, terutama jika tujuan Anda adalah menjual produk dalam jumlah besar atau melayani audiens khusus. Pasar produk ini (seperti eBay, Etsy, dan Amazon) dirancang untuk memudahkan proses bagi penjual dan pembeli dengan pengetahuan teknis minimal yang diperlukan dan pemasaran bawaan ke database besar pelanggan yang sudah ada. Dan meskipun ada berbagai opsi yang dapat dipilih pedagang, tidak semua pasar atau saluran cocok untuk semua orang. Tapi inilah cara Anda dapat mempersempit fokus Anda ke saluran yang tepat untuk Anda dan bisnis ritel Anda.

Baca Juga : Berbagai Hal Yag Berkaitan Dengan Content Marketing

– Cara Memilih Saluran Penjualan Online yang Tepat
Dengan lusinan situs web dan platform yang menawarkan saran tentang cara menjual barang secara online, memulai bisa terasa sangat melelahkan. Dari Amazon hingga eBay, hingga Etsy, dan bahkan Facebook, ada banyak sekali peluang untuk dijelajahi, dan masing-masing memiliki pro dan kontra sendiri. Dengan berbagai pilihan untuk menjangkau calon pelanggan, penting untuk mempersempit fokus Anda ke yang paling masuk akal untuk bisnis, produk, audiens, dan merek Anda.

Jadi, bagaimana Anda memutuskan saluran penjualan online apa yang tepat untuk Anda? Itu tergantung pada beberapa faktor, termasuk:
1. Model bisnis Anda
Apakah Anda memproduksi produk Anda sendiri?
Apakah Anda dropship?
Apakah Anda menghasilkan sebagian besar uang Anda dari grosir?

2. Sistem pemrosesan pembayaran dan siklus arus kas/pendapatan Anda
Apakah Anda menerima Paypal, Square, ApplePay, dan/atau Google Wallet?
Tahukah Anda bagaimana biaya penyedia ini bekerja dengan saluran penjualan potensial yang Anda pertimbangkan?
Apakah itu berhasil bagi Anda untuk arus kas untuk menjual dalam format lelang, di mana Anda harus menunggu beberapa saat hingga jendela lelang ditutup dan Anda tidak menetapkan harga tetap?
Akankah margin keuntungan Anda mendukung pembayaran biaya komisi jika diperlukan?

3. Audiens Anda dan kebiasaan mereka
Apakah audiens Anda menghabiskan banyak waktu dan/atau uang mereka untuk berbelanja di tempat tertentu, seperti berbelanja di Amazon Prime dengan sekali klik, atau menawar di lelang eBay?
Apakah produk Anda dirancang untuk daya tarik massal atau kelompok minat tertentu?

4. Merek Anda dan posisinya di pasar
Apakah Anda diposisikan sebagai:
Merek kelas atas dan mewah?
Fungsionalitas yang diproduksi secara massal?
Cerdik, produk khusus untuk kelompok orang tertentu?
Barang unik yang sulit ditemukan?
Tujuan bisnis Anda
Apakah Anda ingin meningkatkan skala bisnis Anda? Jika demikian, bagaimana?

5. Jenis produk yang Anda jual
Apakah Anda menjual barang-barang yang populer untuk rata-rata orang?
Apakah Anda menjual produk yang ditargetkan pada ceruk tertentu?
Apakah Anda menjual barang unik dan unik, seperti barang antik atau antik, atau produk yang dibuat khusus?

6. Kekuatan dan kelemahan masing-masing jenis saluran
Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mengidentifikasi pro dan kontra dari berbagai saluran penjualan yang Anda pertimbangkan, untuk menemukan saluran yang paling sesuai untuk Anda dan produk Anda.

Untuk membantu Anda mengidentifikasi saluran penjualan digital mana yang merupakan pilihan terbaik untuk Anda, mari kita lihat 11 jenis pasar dan saluran penjualan online yang paling umum, Masing-masing jenis situs web ini menawarkan manfaat yang berbeda dan menargetkan jenis perilaku belanja yang berbeda.

1. Pasar Umum (Amazon)
Pasar umum seperti Amazon adalah tempat yang bagus untuk menjual produk dengan daya tarik massal. Menjual melalui Amazon atau pasar serupa memberi produk Anda tingkat kredibilitas dan menawarkan audiens yang besar. Biasanya Amazon adalah tempat yang bagus untuk menjual barang elektronik, buku, DVD, dan barang-barang umum lainnya. Kelemahan menggunakan situs seperti Amazon adalah kredibilitasnya berasal dari perampingan branding mereka. Bagi pelanggan, ini terlihat dan terasa seperti “produk Amazon” bahkan saat dijual melalui penjual pihak ketiga. Itu berarti situs tipe Amazon belum tentu merupakan pilihan terbaik bagi pengecer yang mendapat manfaat dari merek yang kuat atau barang antik yang unik. Biaya akan bervariasi tergantung pada volume barang yang Anda jual.

2. Pasar Lelang (eBay)
eBay adalah salah satu pasar online paling terkenal. Pembedanya adalah pendekatan gaya lelang untuk menjual, membuatnya cocok untuk penjual yang menawarkan barang langka, antik, dan koleksi. Tidak ada biaya daftar kecuali Anda mencantumkan lebih dari 50 item per bulan, dan mereka mengambil persentase dari total nilai penjualan sebagai komisi. Penjual dengan pelanggan internasional dapat memanfaatkan Program Pengiriman Global mereka, yang membawa barang Anda ke gudang A.S. kemudian menyiapkan dan mengirimkan barang ke luar negeri.

Satu kelemahan dari model lelang adalah bahwa hal itu mengharuskan penjual untuk menunggu beberapa waktu untuk penjualan, dan Anda mungkin tidak menerima nilai penuh dari barang tersebut jika penawarannya rendah. Tetapi bagi pengecer yang meluangkan waktu untuk memahami model dan menguji apa yang berhasil, itu bisa menjadi saluran penjualan yang sukses.

3. Media Sosial (Facebook, Instagram)
Facebook memiliki opsi untuk menyiapkan Toko Facebook, yang dapat berintegrasi dengan situs e-niaga Anda untuk dijual langsung melalui halaman Facebook bisnis Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menyederhanakan proses penjualan Anda jika Anda memiliki banyak pengikut Facebook atau jika Anda menjalankan iklan Facebook sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda. Facebook juga menawarkan fitur yang disebut Facebook Marketplace, yang lebih seperti situs daftar baris dengan daftar lokal. Ini terutama digunakan oleh individu yang ingin menjual kembali barang mereka sendiri (mirip dengan Craigslist). Pinterest dan Instagram juga menawarkan fungsionalitas belanja jika Anda lebih menyukai platform tersebut atau jika saat ini Anda memiliki lebih banyak keterlibatan pelanggan di sana.

4. Pasar Kerajinan Tangan dan Kerajinan (Etsy)
Etsy adalah salah satu pasar paling terkenal untuk produk buatan tangan, vintage, dan kerajinan. Ini adalah pilihan yang bagus untuk pedagang yang membuat produk mereka sendiri atau membuat barang-barang unik dan unik. Dan audiens mereka cenderung menghargai merek mereka, yang menjadikannya platform hebat untuk memperkuat bisnis Anda dan menumbuhkan kesadaran akan penawaran Anda. Mereka juga menawarkan fitur grosir jika Anda berencana untuk meningkatkan skala produk Anda. Etsy membebankan biaya daftar per item serta persentase dari harga jual sebagai komisi, dan mereka terintegrasi dengan 10 metode pembayaran paling umum, termasuk Paypal dan Apple Wallet, sehingga memudahkan pelanggan Anda untuk membeli.

5. Pasar Produksi Sesuai Permintaan (Cafepress)
CafePress memungkinkan pengecer untuk merancang dan menjual produk dengan komponen tercetak, yang diproduksi sesuai permintaan saat pelanggan memesan barang. Ini adalah model yang bagus untuk bisnis dengan berbagai desain yang ingin melakukan outsourcing manufaktur dan mengurangi penyimpanan inventaris dan biaya manajemen. CafePress juga mengelola pembayaran, transaksi, dan pemenuhan pesanan. Ini membuatnya sangat berguna bagi pemilik bisnis yang penawarannya didasarkan pada desain unik yang dapat dicetak pada barang dagangan seperti stiker, mug, dan T-shirt, daripada jenis produk lainnya.

Karena mereka memproduksi dan memenuhi pesanan, CafePress memperlakukan pemilik bisnis sebagai seniman/desainer daripada pemilik toko — oleh karena itu, platform membayar royalti. Tidak ada biaya setup dan Anda dapat menerima komisi penjualan. Ada biaya bulanan yang dapat dipotong dari royalti. Situs serupa tersedia untuk musisi, penulis, dan artis lain yang ingin fokus pada penciptaan dan menyerahkan produksi dan distribusi kepada orang lain.