Strategi Marketing Online yang Paling Ampuh

Marketing online merupakan sebuah usaha pemasaran yang dilakukan secara online. Seperti yang kita tahu bersama, dunia online sangat tidak terbatas. Pengguna internet tidak dibatasi jarak dan usia. Semua orang sama-sama berhak menggunakan teknologi ini. Oleh karena itu, usaha pemasaran secara online ini juga harus dilakukan dengan menggunakan strategi tertentu. Tanpa strategi yang tepat, pebisnis online bisa saja tersesat dalam rimba dunia online. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa dipakai oleh para pebisnis online.

1. Fokus Kepada Konsumen
Pemasaran memang selalu memfokuskan diri kepada konsumen. Bagaimanapun, konsumen adalah pengguna barang atau jasa yang kita tawarkan. Jadi, merekalah yang harusnya selalu jadi prioritas. Sebagai produsen, Anda harus tahu produk seperti apa yang konsumen Anda butuhkan. Dalam hal ini, Anda bisa memakai strategi buyer persona. Secara singkat, buyer persona ini bisa didefinisikan sebagai karakter fiktif yang Anda bayangkan seperti pembeli idea. Untuk membuat seorang buyer persona, Anda harus memikirkan berapa umurnya, tingkat pendidikannya, apa pekerjaannya, dan lain-lain. Intinya, Anda harus berpikir produk apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

2. Pahami Conversion Funnel
Selain konsumen yang harus Anda pahami, strategi selanjutnya yang juga harus Anda pahami dengan baik adalah conversion funnel, yaitu apa saja tahapan yang dilakukan konsumen hingga sampai membeli produk Anda. Ada bebrapa tahapan sebelum konsumen akhirnya membeli produk Anda. tahapan ini disebut AIDA Model, yaitu awareness, interest, desire, hingga action. Anda harus bisa menjaga calon konsumen yang berada pada tahap awareness hingga ke action untuk membeli produk.

3. Pakai Content Marketing yang Pas
Pas yang dimaksud di sini adalah pas dengan konsumen. Content marketing sangat berpengaruh pada ketertarikan konsumen untuk membeli. Yang dimaksud konten pemasaran di sini adalah iklan-iklan yang Anda pakai untuk memasarkan produk. Konten yang baik adalah yang sesuai dengan buyer persona.

Demikian adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk menarik konsumen hingga membuatnya membeli produk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *